SIREGAR, ELVI SERI WAHYUNI (2019) PEMANFAATAN SITUS SEJARAH DI PORTIBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141121009 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 3141121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. NIM. 3141121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 3141121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 3141121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 3141121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 3141121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
11. NIM. 3141121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
12. NIM. 3141121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi semua yang ada di lingkungan bisa dijadikan sebagai sumber belajar yang dapat di manfaatkan oleh siswa tidak hanya terkecuali pada situs sejarah. Hal ini juga dapat meningkatkan potensi siswa dalam mengembangkan dirinya dalam suatu pembelajran sejarah. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Barumun Tengah dapat berjalan dengan efektif, karena keadaan siswanya mendukung baik dari segi intelektual, mental, minat dan kemampuan belajar yang mereka miliki. Hal itu dapat memudahkan untuk menerapkan metode atau cara mengajar dengan efektif dan efisien.(2) sumber belajar yang digunakan guru dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Barumun Tengah. Sumber belajar yang sengaja direncanakan (learning resources by design), yakni semua sumber yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal. Contohnya adalah slides, diorama, TV, video, film, peta, miniatur dan sejenisnya. Sumber belajar yang karena dimanfaatkan (learning resouces by utilization), yakni sumber belajar yang tidak secara khusus didesain untuk kepeluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan, dan dimanfaatkan untuk keperluan belajar salah satunya adalah media masa. Contohnya adalah museum, perpustakaan, situs-situs bersejarah, arsip-arsip, pasar, toko-toko, tokoh masyarakat dan lainnya yang terdapat dilingkungan sekitar. (3) pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Barumun Tengah sangat terlihat, hal ini bisa dilihat dari perubahan pada siswa ketika pembelajaran sejarah siswa lebih aktif, memiliki semangat belajar sejarah yang tinggi tidak posan atau jenuh dengan pelajaran sejarah yang hanya berupa teori saja, memiliki wawasan yang luas, dapat menambah sikap sosial terhadap masyarakat sekitar situs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 SJRH 022 |
Keywords: | PEMANFAATAN SITUS SEJARAH, SUMBER BELAJAR |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:23 |
Last Modified: | 15 May 2019 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32585 |