PEMANFAATAN SITUS SEJARAH DI PORTIBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS

SIREGAR, ELVI SERI WAHYUNI (2019) PEMANFAATAN SITUS SEJARAH DI PORTIBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH KABUPATEN PADANG LAWAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3141121009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3141121009 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3141121009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3141121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3141121009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3141121009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3141121009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3141121009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3141121009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3141121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3141121009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3141121009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3141121009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3141121009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3141121009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3141121009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3141121009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3141121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi semua yang ada di lingkungan bisa dijadikan sebagai sumber belajar yang dapat di manfaatkan oleh siswa tidak hanya terkecuali pada situs sejarah. Hal ini juga dapat meningkatkan potensi siswa dalam mengembangkan dirinya dalam suatu pembelajran sejarah. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Barumun Tengah dapat berjalan dengan efektif, karena keadaan siswanya mendukung baik dari segi intelektual, mental, minat dan kemampuan belajar yang mereka miliki. Hal itu dapat memudahkan untuk menerapkan metode atau cara mengajar dengan efektif dan efisien.(2) sumber belajar yang digunakan guru dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Barumun Tengah. Sumber belajar yang sengaja direncanakan (learning resources by design), yakni semua sumber yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal. Contohnya adalah slides, diorama, TV, video, film, peta, miniatur dan sejenisnya. Sumber belajar yang karena dimanfaatkan (learning resouces by utilization), yakni sumber belajar yang tidak secara khusus didesain untuk kepeluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan, dan dimanfaatkan untuk keperluan belajar salah satunya adalah media masa. Contohnya adalah museum, perpustakaan, situs-situs bersejarah, arsip-arsip, pasar, toko-toko, tokoh masyarakat dan lainnya yang terdapat dilingkungan sekitar. (3) pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Barumun Tengah sangat terlihat, hal ini bisa dilihat dari perubahan pada siswa ketika pembelajaran sejarah siswa lebih aktif, memiliki semangat belajar sejarah yang tinggi tidak posan atau jenuh dengan pelajaran sejarah yang hanya berupa teori saja, memiliki wawasan yang luas, dapat menambah sikap sosial terhadap masyarakat sekitar situs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 SJRH 022
Keywords: PEMANFAATAN SITUS SEJARAH, SUMBER BELAJAR
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:23
Last Modified: 15 May 2019 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32585

Actions (login required)

View Item
View Item