CIBRO, MASDA SARTIKA (2019) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 3 BINJAI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321027 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 4143321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM 4143321027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 4143321027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 4143321027 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 143321027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM 4143321027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 4143321027 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 4143321027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13. NIM 4143321027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
14. NIM 4143321027 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran berbasis Inquiry di kelas XI semester ganjil SMA N 3 Binjai. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest -postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai dan sampel penelitian diambil dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis inquiry dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berpikir kritis yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 5 items. Hasil nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 36 dan kelas kontrol sebesar 37,45 dan nilai postest yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 84,00 dan kelas kontrol dengan nilai sebesar 55,94. Berdasarkan Analisis uji t dengan bantuan program excel menunjukkan bahwa Lhitung > Ltabel yaitu (12,462 > 1,669) maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan kemampuan berpikir kritis Siswa dengan Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiry Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Di Kelas XI Semester Ganjil Di SMA N 3 Binjai T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 040 |
Keywords: | Model Berbasis Inquiry; Kemampuan Berpikir Kritis; Fluida Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:06 |
Last Modified: | 15 May 2019 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32579 |