ANGGRIANI, SELVIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321038 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4143321038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. NIM 4143321038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 4143321038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM 4143321038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 4143321038 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. Nim 4143321038 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 4143321038 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
9. NIM 4143321038 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. NIM 4143321038 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 4143321038 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET terhadap hasil belajar pada materi fluida dinamis di kelas XI semester I SMA swasta Dharmawangsa Medan T.A 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa dengan desain two group pretest-postest. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI MIPA 8 dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET dan kelas XI MIPA 9 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 28,83 dengan standar deviasi 81,63 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 76,5 dengan standar deviasi 96,005. Uji normalitas data Lhitung < Ltabel (0,128 < 0,161) artinya data berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Fhitung < Ftabel (099 < 1,873). Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung<ttabel (0,715 < 1,84) yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian setelah diberi perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran quantum teaching pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 76,5 dan kontrol 42,17. Kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai antara nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji t diperoleh thitung =14,48 sedangkan ttabel = 0,15 karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester I di SMA swasta Dharmawangsa Medan T.P 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 039 |
Keywords: | Quantum Teaching; Media PheT; Hasil Belajar; Fluida Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:01 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32578 |