SIHOMBING, YULYASTRI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) DENGAN GI (GROUP INVESTIGATION) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142141030 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4142141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 4142141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 4142141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 4142141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 4142141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 4142141030 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 4142141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 4142141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 4142141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM. 4142141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi experiment (eksperimen semu). Untuk memperoleh hasil belajar dilakukan tes dengan desain pretes dan postes dan untuk aktivitas siswa dilakukan observasi. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 68 siswa, yaitu kelas X IPA 4 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dan kelas X IPA 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata nilai post-test kelas STAD adalah 82,853 sedangkan nilai post-test kelas GI adalah 77,417. Perbedaan hasil belajar siswa diuji dengan menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Data menunjukan bahwa thitung hasil belajar = 2,714 dan ttabel = 1,998 sehingga Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X SMA Negeri 11 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 012 |
Keywords: | Hasil Belajar, Group Investigation (GI), Model Pembelajaran Kooperatif, Student Achivement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:14 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32550 |