RAMADHIANI, IRA (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XII AK DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142016 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 7141142016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (744kB) | Preview
3. NIM. 7141142016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4. NIM. 7141142016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7141142016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 7141142016 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7141142016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7141142016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7141142016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 7141142016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7141142016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK di SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No.166 Medan, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung Kota medan T.P 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII AK 2 yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kleas (PTK) yang dilaksnakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil observasi yang telah dilakukan menunggukan bahwa kreativitas belajar siswa pada silus I terdapat 5 orang (16,13%) siswa yang dinyatakam kreatif. Pada Siklus II 26 oarang (83,87%) siswa yang dinyatakan kreatif dan sangat kreatif. Sehingga kreativitas belajar siswa meningkat sebesar 67,74% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar yang pretest sebelumnya diadakan tindakan menunjukkan 10 siswa (32,25%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 49,03%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 19 orang (61,29%) dengan nilai rata-rata 68,38%.Pada siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 27 orang (87,09%) dengan nilai rata-rata 82,58%. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,04%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII AK pada materi biaya overhead pabrik di SMk Swasta Jambi Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 011 |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Dengan Menggunakan Mind Mapping, Kreativitas, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:07 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32546 |