PURBA, AIDIL FITRIAWAN PURBA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342003 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 7143342003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
3. NIM. 7143342003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 7143342003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM. 7143342003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
6. NIM. 7143342003 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7143342003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143342003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7143342003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
13. NIM. 7143342003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7143342003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran jurisprudential inquiry lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 21 Medan yang beralamat di Jalan Keramat Indah Selambo Ujung, Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 146 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan teknik undian dimana kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa sehingga jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 60 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 47,5 dengan standar deviasi = 6,66 dan nilai rata-rata post-test siswa = 76,83 dengan standar deviasi = 7,13. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 41,33 dengan standar deviasi = 6,81 dan nilai posttest siswa = 64,33 dengan standar deviasi = 7,51. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (6,830 > 1,671), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05 dengan dk= n1+ n2-2 = 58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry Lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2018/ 2019 pada pokok bahasan penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 010 |
Keywords: | Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 14:05 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32545 |