SITUMORANG, TIKA ANDINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS XII SEMESTER I SMA NEGERI 6 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142121025 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2. NIM 4142121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
3. NIM 4142121025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM 4142121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM 4142121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
6. NIM 4142121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7. NIM 4142121025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4142121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4142121025 BAB I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM 4142121025 BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
14. NIM 4142121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Listrik Dinamis kelas XII semester I di SMA Negeri 6 Medan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two Group Pretes – Posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XII MIA SMA Negeri 6 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XII MIA 3 sebagai kelas ekperimen dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas XII MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains siswa dalam bentuk praktikum yang dilengkapi dengan beberapa butir soal berdasarkan analisis hasil praktikum, yang telah dinyatakan valid oleh para ahli.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 26,34 dan nilai rata-rata kelas kontrol 23,04. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,625, ttabel = 1,99968, maka dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postest. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,69 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,27. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 6,1104 dan = 1,66984. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Listrik Dinamis kelas XII semester I di SMA Negeri 6 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 035 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:47 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32530 |