FARDILAH, RATIH DWI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION TERINTEGRASI PRAKTIKUM PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN ELEKTROLIT DI SMAN 5 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4141131040 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2 NIM 4141131040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3 NIM. 4141131040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4 NIM. 4141131040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5 NIM. 4141131040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6 NIM. 4141131040 TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7 NIM. 4141131040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8 NIM 4141131040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9 NIM. 4141131040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13 NIM. 4141131040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
14 NIM. 4141131040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, keterampilan proses sains, aktivitas belajar dan sikap belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan Direct Instruction terintegrasi
praktikum pada materi sifat koligatif larutan elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 5 Binjai yang terdiri dari 6 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik purposive sampling, dengan mengambil 2 kelas yakni kelas XII MIA-1 (eksperimen I) diterapkan model pembelajaran Inkuri
Terbimbing dan kelas XII MIA-2 (ekperimen II) diterapkan model pembelajaran Direct Instruction terintegrasi praktikum. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian Quasi Eksperimental dengan jenisnya nonequivalent group pretest-postest design. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan post-test. Data untuk hasil belajar menggunakan instrument pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah valid, reliabel, dan memenuhi kriteria indeks kesukaran, daya beda dan distruktor. Sedangkan pada keterampilan proses sains, instrument tes diterapkan melalui tes essay sebanyak 6 butir soal yang telah valid, reliabel serta memenuhi kriteria indeks kesukaran dan daya beda. Analisis data dilakukan dengan uji-t dua pihak. Berdasarkan analisis data dengan uji-t dua pihak diperoleh hasil bahwa t-hitung > t-tabel yakni 9.78 > 2,0345 untuk hasil belajar dan 8,76 > 2,0345 untuk keterampilan proses sains. Aktivitas dan sikap belajar siswa dinilai oleh tiga orang observer menggunakan lembar observasi. Rata-rata aktivitas belajar dan sikap belajar siswa di kelas eksperimen I ( 90,21 dan 88,54) lebih tinggi dibandingkan di kelas eksperimen II ( 79,87 dan 77,43). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, keterampilan proses sains,
aktivitas belajar dan sikap belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis angket siswa menyetujui bahwa model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengingat suatu konsep sifat koligatif larutan elektrolit lebih lama sebab mereka dapat menemukan konsep dengan cara merancang percobaan sendiri dalam kegiatan praktikum dibawah bimbingan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 KIM 001 |
Keywords: | Direct Instruction; Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:33 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32521 |