PRASETYA SARAGIH, HESEKIEL (2018) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123111020 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
02. NIM 5123111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
03. NIM 5123111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
04. NIM 5123111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
05. NIM 5123111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
06. NIM 5123111020 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
07. NIM 5123111020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
08. NIM 5123111020 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
09. NIM 5123111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM 5123111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM 5123111020 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan melalui penerapan metode Buzz Group pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari Jenis-Jenis Kayu Sebagai Bahan Bangunan dan Sifat dan Karakteristik Kayu. Pada siklus kedua mempelajari Keawetan Kayu dan Pemeriksaan Kayu Secara Visual.
Hasil uji coba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 30 soal diperoleh 24 soal yang valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran didapat 5 soal yang mudah dan 19 soal yang sedang. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik, 10 soal yang baik dan 11 soal yang cukup. Uji reliabilitas diperoleh 0,9095 (sangat tinggi). Pada siklus kedua dari 30 soal diperoleh 23 soal valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran didapat 3 soal mudah dan 20 soal sedang, uji daya beda didapat 5 soal baik, 11 soal cukup dan 7 soal yang jelek. Uji reliabilitas diperoleh 0.9038 ( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80% di dalam kelas dengan baik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak 18 siswa atau 75% sedangkan aktivitas belajar didapat 29,17 % diakhir siklus I. Oleh karena itu perlu diadakan siklus II, dan hasil evaluasi pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang mendapat nilai minimal 75 sebanyak 22 siswa atau 92% sedangkan aktivitas siswa didapat 91,67% diakhir siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Pematangsiantar membuktikan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1. Penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruki Bangunan dapat diterima. 2. Penerapan Metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruki Bangunan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 002 |
Keywords: | Buzz Group, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:25 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32517 |