PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG

UTARI, DELIMA DEBBY (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141121005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141121005 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141121005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141121005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141121005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141121005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141121005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141121005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141121005 ILLUSTRASION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141121005 ILLUSTRASION.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141121005 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141121005 TABLE.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141121005 APPEDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141121005 APPEDICES.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141121005 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141121005 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141121005 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141121005 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141121005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester ganjil SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Cerdas Murni Tembung yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 130 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan claster random sampling dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay keterampilan proses sains materi pokok usaha dan energi dengan jumlah soal 8 item dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa serta instrumen sikap siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji persyaratn dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 45,28 dan kelas kontrol adalah 43,61 sedangkan untuk postest pada kedua kelas didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,11 dan kelas kontrol adalah 64,17. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% menunjukkan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik dari pada keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran konvensional. Ada perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan keterampilan proses sains siswa pada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 019
Keywords: Inquiry Training;Keterampilan Proses Sains;Usaha Dan Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 11:01
Last Modified: 09 Mar 2020 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32503

Actions (login required)

View Item
View Item