UTARI, DELIMA DEBBY (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121005 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4141121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM. 4141121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM. 4141121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
5. NIM. 4141121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
6. NIM. 4141121005 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
7. NIM. 4141121005 TABLE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
8. NIM. 4141121005 APPEDICES.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
9. NIM. 4141121005 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM. 4141121005 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 4141121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI semester ganjil SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Cerdas Murni Tembung yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 130 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan claster random sampling dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay keterampilan proses sains materi pokok usaha dan energi dengan jumlah soal 8 item dan lembar observasi keterampilan proses sains siswa serta instrumen sikap siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji persyaratn dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 45,28 dan kelas kontrol adalah 43,61 sedangkan untuk postest pada kedua kelas didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,11 dan kelas kontrol adalah 64,17. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% menunjukkan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik dari pada keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran konvensional. Ada perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan keterampilan proses sains siswa pada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 019 |
Keywords: | Inquiry Training;Keterampilan Proses Sains;Usaha Dan Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:01 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32503 |