SUGANTI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI SMA N 14 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141121074 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 4141121074 APPROVAL SHEET_doc.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM 4141121074 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 4141121074 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4141121074 TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 4141121074 ILUSTRATION_doc.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 4141121074 TABLE_doc.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 4141121074 APPENDICES_doc.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 4141121074 CHAPTER I_doc.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM 4141121074 CHAPTER V_doc.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 4141121074 BIBLIOGRAPHY_doc.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis metode curah pendapat (brainstorming) terhadap peningkatan karakter dan hasil belajar siswa pada materi
gerak lurus di SMA N 14 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini ialah quasi eksperiment dan desain penelittian Two Group Pretest-Postest Design dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2
kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas eksperimen X MIPA 7 berjumlah 30 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis metode curah pendapat dan kelas kontrol X MIPA 6 berjumlah 30 orang yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berbentuk essay
dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian karakter siswa.
Hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dikelas
eksperimen sebesar 77 % yang termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol
sebesar 49 % yang termasuk dalam kategori sedang. Dan peningkatan rata – rata
karakter siswa untuk kelas eksperimen sebesar 65 % yang termasuk dalam
kategori baik dan untuk kelas kontrol sebesar 40 % yang termasuk dalam kategori
cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
berbasis metode curah pendapat tehadap peningkatan karakter dan hasil belajar
siswa pada materi gerak lurus di SMA N 14 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 018 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation; Curah Pendapat; Karakter; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 11:00 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32502 |