SYAHFITRI, KHAIRANI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMPS AN-NIZAM T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111022 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 4141111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 4141111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM. 4141111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
5. NIM. 4141111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 4141111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 4141111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 4141111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 4141111022 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
13. NIM. 4141111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4141111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning di SMP Swasta An-Nizam T.A 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester II SMP Swasta An-Nizam Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 93 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 31 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretest dan post test dari kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest sebesar 58,5403 dan posttest sebesar 74,7984 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 untuk pretest sebesar 58,0859 dan posttest sebesar 64,8438. Hasil uji t dengan dua arah dengan dk = 61 dan = 0,05, diperoleh data pretest dengan thitung = 0,0925 dan ttabel = 1,6698 sehingga ttabel > thitung yaitu 1,6698 > 0,0925 maka H0 diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa sebelum diberi perlakuuan siswa mempunyai kemampuan awal yang sama. Sedangkan pada data posttest diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2,3574 > 1,6698 yang berarti diterimanya Ha sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning di SMP Swasta An-Nizam Medan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 015 |
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning; Problem Based Learning; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 10:41 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32492 |