PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

WIJAYATI, DINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 4141121012 COVER.pdf]
Preview
Text
01. 4141121012 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 02. 4141121012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. 4141121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 03. 4141121012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. 4141121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 04. 4141121012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. 4141121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 05. 4141121012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. 4141121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 06. 4141121012 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. 4141121012 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 07. 4141121012 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. 4141121012 TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 08. 4141121012 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. 4141121012 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 09. 4141121012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. 4141121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4141121012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4141121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4141121012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4141121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMK Negeri 2 Medan T.P 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi esperiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini terdisi dari 5 kelas dan pengambilan sampel dilakukan
dengan cara class random sampling. Kelas X Otomotif 1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Otomotif 2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan berganda dengan lima option sebanyak 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata – rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing – masing adalah 28,54 dan 62,29,
sedangkan nilai rata –rata pretes dan postes di kelas kontrol masing – masing adalah 27,29 dan 56,46. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata –rata pertemuan I 67 (kategori cukup aktif), pertemuan II 72 (kategori aktif) dan pertemuan III sebesar 80 (kategori aktif) dengan rata – rata 73,8. Analisis data menggunakan uji t diperoleh
thitung sebesar 2,131 sedangkan ttabel sebesar 1,997 atau thitung > ttabel, sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok Pengukuran di kelas X semester I SMK Negeri 2 Medan T.P 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 015
Keywords: INQUIRY;HASIL BELAJAR;AKTIVITAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 10:36
Last Modified: 09 Mar 2020 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32489

Actions (login required)

View Item
View Item