WIJAYATI, DINI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4141121012 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
02. 4141121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
03. 4141121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
04. 4141121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
05. 4141121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
06. 4141121012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
07. 4141121012 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
08. 4141121012 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
09. 4141121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. 4141121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. 4141121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMK Negeri 2 Medan T.P 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi esperiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini terdisi dari 5 kelas dan pengambilan sampel dilakukan
dengan cara class random sampling. Kelas X Otomotif 1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Otomotif 2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan berganda dengan lima option sebanyak 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata – rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing – masing adalah 28,54 dan 62,29,
sedangkan nilai rata –rata pretes dan postes di kelas kontrol masing – masing adalah 27,29 dan 56,46. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata –rata pertemuan I 67 (kategori cukup aktif), pertemuan II 72 (kategori aktif) dan pertemuan III sebesar 80 (kategori aktif) dengan rata – rata 73,8. Analisis data menggunakan uji t diperoleh
thitung sebesar 2,131 sedangkan ttabel sebesar 1,997 atau thitung > ttabel, sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil
belajar siswa pada materi pokok Pengukuran di kelas X semester I SMK Negeri 2 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 015 |
Keywords: | INQUIRY;HASIL BELAJAR;AKTIVITAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 10:36 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32489 |