LIRAHMAN, RONNI (2018) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARI LENGGOK MAK INANG MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING UNTUK SISWA/I KELAS X RPL DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143140033 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 2143140033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
3. NIM. 2143140033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 2143140033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 2143140033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 2143140033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7. NIM. 2143140033 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 2143140033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 2143140033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM. 2143140033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM. 2143140033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan pembelajaran tari Lenggok Mak Inang melalui multimedia interaktif berbasis e-learning untuk siswa/i kelas X RPL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dalam bentuk DVD interaktif. Teori-teori yang dijadikan pedoman dalam pengumpulan data penelitian ini meliputi teori pengembangan Bord and Gall, teori media pembelajaran, teori multimedia interaktif, dan teori pembelajaran elektronik (e-learning). Metode penelitian ini menggunakan Deskripsi Penelitian Pengembangan (R&D) dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan pembelajaran tari Lenggok Mak Inang melalui multimedia interaktif yang didalamnya terdapat materi pembelajaran apresiasi (Kompetensi Dasar 3) dan ekspresi (Kompetensi Dasar 4) kelas X SMK/SMA. Materi apresiasi berisikan definisi tari, musik pengiring, busana, pola/ garis, sedangkan materi ekspresi berisikan istilah, ragam dan susunan gerak pada tari Lenggok Mak Inang. Dari uji ahli media mendapatkan skor 4,42 (Sangat Baik), ahli media mendapatkan skor 4 (Baik), uji coba pengguna yang meliputi uji coba lapangan awal 4,08 (Baik), uji coba lapangan utama 4,22 (Sangat Baik) dan uji coba lapangan operasional 4,53 (Sangat Baik). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif pembelajaran tari Lenggok Mak Inang ini Sangat Layak digunakan atau dijadikan media pembelajaran tari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 TARI 002 |
Keywords: | Multimedia Interaktif; E-Learning; Tari Lenggok Mak Inang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 14:47 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32415 |