Sihombing, Lisbet Novianti (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 125540 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2009/2010. Masters thesis, UNIMED.
1-081188830030 Pengantar.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
2-081188830030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3-081188830030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
4-081188830030 Bab I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
5-081188830030 Bab V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6-081188830030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu gurumengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa danmendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang mereka milikidengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (I) hasil belajar IPS siswayang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual, (2) hasil belajar IPSsiswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional, (3) perbedaanhasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstualdan konvensional.Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 125540 Pematangsiantarpada semester dua tahun pelajaran 2011.Subjek penelitian berjumlah 80 orangsiswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalaheksperimen semu dengan desain faktorial 1x2. Pengambilan sampel dilakukandengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakanuntuk mengumpulkan data hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan gandasebanyak 30 soal dengan reliabilitas 0,73. Sebelum data dianalisis terlebih dahuludiuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas menggunakan uji Lilioferssedangkan uji homogenitas digunakan uji Bartlet. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan a = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan: (1) skor rata-rata hasil belajar IPS siswayang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah 18,85; (2) skorrata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatankonvensional adalah 13,025; (3) skor rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajardengan menggunakan pendekatan kontekstual Iebih tinggi dibandingkan denganskor rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakanpendekatan konvensional (18,85 > 13,025).Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata hasil belajarIPS siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual Iebih tinggidaripada skor rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakanpendekatan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sih p |
Keywords: | Belajar; Kontekstual; Pembelajaran Sosial; Konvensional; Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3228 |