NOVITA, VIQI (2018) PENGARUH PRAKTIKUM BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI SEL SMA SWASTA KARTIKA 1-2 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141074 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 4141141074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. NIM 4141141074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4141141074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 4141141074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM 4141141074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4141141074 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4141141074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4141141074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. NIM 4141141074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM 4141141074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan proses siswa pada materi sel kelas XI IPA SMA Swasta Kartika 1-2 T.P 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September, di SMA Kartika 1-2 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 179 orang. Sampel diambil secara acak dan berjumlah 72 orang. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah pretes sebesar 63,22 dan postes sebesar 82,89, sedangkan kelas kontrol pretes sebesar 59,55 dan postes sebesar 69,44. Selanjutnya uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa (thitung = 5,4561 > ttabel =1,997). Pelaksanaan praktikum berbasis masalah dapat meningkatkan
keterampilan proses siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil lembar pengamatan kelas eksperimen memiliki rata-rata keterampilan proses pada kategori “Tinggi” Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata keterampilan proses hanya sampai
kategori “Sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa praktikum berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan proses siswa kelas XI SMA Swasta Kartika 1-2 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 229 |
Keywords: | Praktikum Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Keterampilan Proses |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 14:45 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32270 |