PUTRI, RAHMADANI (2018) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341040 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4143341040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 4143341040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 4143341040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM 4143341040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 4143341040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 4143341040 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 4143341040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 4143341040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM 4143341040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM 4143341040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata di kelas X IPA SMA Negeri 3 Rantau Utara tahun pembelajaran 2017/2018 dari aspek kognitif, indikator pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Rantau Utara tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil secara total sampling. Instrument penelitian ini dengan menggunakan soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam materi invertebrata pada aspek kognitif C1 (43%) termasuk kategori tinggi, C2 (36,96%) termasuk kategori tinggi, C3 (31,16%) termasuk kategori sedang, C4 (55,37%) termasuk kategori sangat tinggi, C5 (47,11%) termasuk kategori sangat tinggi dan C6 (36,23%) termasuk kategori tinggi. Pada indikator pembelajaran ke-1 siswa mengalami kesulitan belajar (40,22%) termasuk kategori tinggi, indikator pembelajaran ke-2 (55,56%) termasuk kategori sangat tinggi, indikator pembelajaran ke-3 (38,89%) termasuk kategori tinggi, indikator pembelajaran ke-4 (23,19%) termasuk kategori sedang dan indikator pembelajaran ke-5 (46,09%) termasuk kategori sangat tinggi. Faktor yang cukup berpengaruh dalam kesulitan belajar oleh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Rantau Utara tahun pembelajaran 2017/2018 adalah minat, motivasi, dan materi pelajaran. Faktor lain seperti intelegensi, orangtua (keluarga), kondisi kelas, sekolah dan lingkungan di luar keluarga berada dalam kategori lemah pengaruhnya terhadap kesulitan belajar. Faktor kesehatan dan guru berada dalam kategori sangat lemah pengaruhnya terhadap kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 233 |
Keywords: | Kesulitan belajar; kognitif; indikator pembelajaran; invertebrata; faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:23 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32230 |