SAGALA, DEWI DERMAWAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142008 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 7143142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. NIM. 7143142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4. NIM. 7143142008 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 7143142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 7143142008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143142008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143142008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. NIM. 7143142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 7143142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7143142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Pembelajaran Induktif lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang terletak di Jl. STM No. 12E Medan Amplas pada semester ganjil tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AK SMK Negeri 7 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Simple Random Sampling), yaitu kelas XII AK 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII AK 6 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin yaitu 61 siswa dengan rincian kelas XII AK 3 berjumlah 31 siswa dan kelas XII AK 6 berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari mencari nilai rata-rata, mencari standar deviasi, mencari varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 55,32 dan 79,52. Sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 55,16 dan 75,32. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,246 > 1,671 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Strategi Pembelajaran Induktif lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan motode pembelajaran konvensional pada materi Utang Obligasi siswa kelas XII AK SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 136 |
Keywords: | CREATIVE PROBLEM SOLVING; STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF; HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:17 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32226 |