SAMOSIR, FRISKA MONICA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN KEBAHASAAN PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SATU ATAP PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111027 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 2143111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM 2143111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM 2143111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 2143111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 2143111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM 2143111027 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 2143111027 PICTURE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM 2143111027 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM 2143111027 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 2143111027 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mengidentifikasi struktur dan kebahasaan pantun siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mengidentifikasi struktur dan kebahasaan pantun yang diajar dengan
menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi secara signifikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak. Pada semester genap. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak pada semester genap tahun pembelajaran 2017/2018 di kelas VII.
Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 125 orang. Sampel yang digunakan, kelas VII-D yang terdiri dari 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk isian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan thitung> ttabel pada α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diteliti Pertama, kemampuan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan pantun tanpa model pembelajaran Reciprocal Teaching siswakelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak dengan rata-rata 59,83. Kedua, kemampuan mengidentifikasi struktur dan
kebahasaan pantun dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak dengan rata-rata 77,67. Ketiga, dari hasil uji "t" terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap
Patumbak denganthitung> ttabel yang menunjukkan Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mengidentifikasi struktur dan dan kebahasaan pantun dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching ebih tinggi secara signifikan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap
Patumbak T.P 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 161 |
Keywords: | model pembelajaran reciprocal teaching; struktur; kebahasaan pantun. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 15:14 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32223 |