PUTRI, INDAH HIDAYANTI (2019) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X IPA SMA SWASTA SANTA MARIA MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142111015 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4142111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM 4142111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM 4142111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
5. NIM 4142111015 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6. NIM 4142111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 4142111015 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM 4142111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4142111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
13. NIM 4142111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM 4142111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dan mengetahui apakah pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Swasta Santa Maria Medan tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dibagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Swasta Santa Maria Medan yang berjumlah 32 orang siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan aktivitas selama proses belajar mengajar dengan menerapkan pendekatan matematika realistik. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan matematika realistik. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran pada siklus I adalah 2,31 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata adalah 3,08 dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I terdapat 14 siswa atau 42,42% yang ikut berperan aktif selama pembelajaran, sedangkan pada siklus II terdapat 27 siswa atau 84,37% yang berperan aktif (PAS ). Berdasarkan hasil tes awal terdapat 4 siswa yang tuntas belajar atau 12,5%. Setelah pemberian tindakan I pada siklus I terdapat 19 siswa atau sebesar 59,37% yang telah tuntas belajar. setelah pemberian tindakan II pada siklus II terdapat 28 atau sebesar 87,5% yang telah tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 061 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 14:27 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32193 |