UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN "T" DALAM PENCAK SILAT MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN AJARAN 2018/2019

SOFIA, RINI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN "T" DALAM PENCAK SILAT MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6141111075 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6141111075 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6141111075 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6141111075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6141111075 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6141111075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6141111075 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6141111075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6141111075 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6141111075 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6141111075 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6141111075 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6141111075 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6141111075 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6141111075 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6141111075 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6141111075 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6141111075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6141111075 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6141111075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6141111075 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6141111075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tendangan “T” pada Siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Amir Hamzah tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Swasta Amir Hamzah Jl. Meranti No.1, Kelurahan Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 dan 21 Agustus 2018 dengan jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 14 Putra dan 11 Putri. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif .
Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan Tes hasil belajar Tendangan T. Dari data awal Tendangan T siswa, hanya 9 orang siwa yang tuntas (36%) dan 16 orang siswa yang tidak tuntas (64%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 18 orang (72%) dan siswa yang tidak tuntas 7 orang (28%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang (88%) dan siswa yang tidak tuntas 3 orang (12%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 65,4 pada test siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,6 pada test siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80,9. Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 64% (tidak tuntas) persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 28% (tidak tuntas) dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 88% (tuntas). Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar inklusi dapat memberikan peningkatan hasil belajar Tendangan T pada siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Amir Hamzah Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 16%, kemudian nilai rata-rata siswa dari test siklus I hingga teest siklus II adalah 5,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PJKR 110
Keywords: Gaya Mengajar Inklusi, Tendangan "T"
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc.
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 11:31
Last Modified: 05 Mar 2019 03:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32127

Actions (login required)

View Item
View Item