SOFIA, RINI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN "T" DALAM PENCAK SILAT MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP SWASTA AMIR HAMZAH TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6141111075 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 6141111075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 6141111075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. NIM. 6141111075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
5. NIM. 6141111075 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 6141111075 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 6141111075 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 6141111075 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 6141111075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 6141111075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 6141111075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tendangan “T” pada Siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Amir Hamzah tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Swasta Amir Hamzah Jl. Meranti No.1, Kelurahan Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 dan 21 Agustus 2018 dengan jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 14 Putra dan 11 Putri. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif .
Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan Tes hasil belajar Tendangan T. Dari data awal Tendangan T siswa, hanya 9 orang siwa yang tuntas (36%) dan 16 orang siswa yang tidak tuntas (64%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 18 orang (72%) dan siswa yang tidak tuntas 7 orang (28%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang (88%) dan siswa yang tidak tuntas 3 orang (12%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 65,4 pada test siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,6 pada test siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80,9. Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 64% (tidak tuntas) persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 28% (tidak tuntas) dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 88% (tuntas). Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar inklusi dapat memberikan peningkatan hasil belajar Tendangan T pada siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Amir Hamzah Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 16%, kemudian nilai rata-rata siswa dari test siklus I hingga teest siklus II adalah 5,3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 110 |
Keywords: | Gaya Mengajar Inklusi, Tendangan "T" |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 11:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32127 |