ANDINI, AYU (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS XI SMK PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim 2143311012 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM 2143311012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM 2143311012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 2143311012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 2143311012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 2143311012 TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM 2143311012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
8. NIM 2143311012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM 2143311012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
13. NIM 2143311012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 2143311012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, dan rendahnya kemampuan siswa dalam mengulas sebuah cerpen pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran konflik kognitif terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen oleh siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan yang berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI Ak 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design one group pretest and posttest. Dari distribusi data pretest memiliki nilai rata-rata 60,66 dengan standar deviasi 7,71 dan posttest
memiliki nilai rata-rata 76,66 dengan standar deviasi 7,22. Hasil perhitungan normalitas pretest memproleh harga < (0,1365 < 1619) dan posttest memperoleh harga < (0,1212 < 1619). Hal ini membuktikan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas
memproleh harga < (1,06 < 1,84). Hal ini membuktikan sampel
berasal dari populasi yang homogen. Hasil perhitungan hipotesis memperoleh harga < (9,87 > 2,04), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran konflik kognitif terhadap kemampuan menulis
teks ulasan cerpen oleh siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 168 |
Keywords: | Model Pembelajaran Konflik Kognitif; Menulis Teks Ulasan Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 11:25 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32121 |