RAMADHANI, UCI (2018) PENGARUH MODEL BRAINSTORMING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI KELAS X SMK SWASTA AL WASHLIYAH PASAR SENEN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141121035 COVER .pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3141121035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 3141121035 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 3141121035 PREFACE .pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 3141121035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 3141121035 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 3141121035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3141121035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 3141121035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 3141121035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 3141121035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari suatu perlakuan yang ditujukan pada subjek yaitu siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Alwasliyah Pasar Senen 2 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 223 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Random Sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas XTSM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XTSM 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan model skala likert. Dari hasil penelitian terhadap kedua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen diajarkan menggunakan model brainstorming dan kelas kontrol menggunakan model ceramah, ketika diterapkan
model brainstorming di kelas eksperimen hampir seluruh siswa antusias dan ingin ikut berperan aktif dalam kegiatan diskusi kelompok, mereka berlomba mencari
jawaban untuk menjawab dan memecahkan masalah yang diberikan. Ketika model ceramah diterapkan di kelas kontrol, tidak semua siswa aktif dalam pembelajaran, hanya beberapa siswa yang memang aktif saja yang berantusias dan semangat dalam belajar. Sedangkan sebagian siswa lain hanya mendengarkan dan tidak aktif saat belajar. Dari skor rata-rata hasil posstest juga terlihat bedanya, pada kelas eksperimen yaitu 74,06 dan pada kelas kontrol skor rata-rata nya 69,43. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung adalah 4,4179 dan ttabel 2,00172 dengan derajat kebebasan df = n-k. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung (4,4179) ˃
ttabel (2,00172) yang berarti bahwa ada pengaruh model brainstorming pada pelajaran sejarah terhadap kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 083 |
Keywords: | Kreativitas siswa, model brainstorming |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 10:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32108 |