Mawaddah, Niko (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KREATIVITAS TARI KREASI GAYO DI SMAN 1 TAKENGON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2141140034 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 2141140034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 2141140034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 2141140034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 2141140034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 2141140034 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 2141140034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 2141140034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM. 2141140034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
12. NIM. 2141140034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas tari kreasi Gayo sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran tekstual dan kontekstual, serta untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tekstual dan kontekstual terhadap kreativitas tari kreasi Gayo di SMAN 1 Takengon.
Untuk menjawab permasalahan dari penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori pembelajaran dari Slameto, teori model pembelajaran dari Zainal Aqib, teori tekstual dari Y. Sumandiyo Hadi, teori kontekstual dari Agus Suprijono, teori Kreativitas dari Tritjahjo Danny Soesilo dan teori tari kreasi dari Nurwani. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian pre-test post-test group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa pembanding dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji “t” menunjukan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan yang diperoleh dari hasil uji normalitas, uji homogenitas dan pengujuan hipotesis, setelah to diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel
pada taraf 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 62, maka diperoleh ttabel 1,66. Setelah dikonsultasikan, ternyata to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,05 > 1,66.
Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran kreativitas tari kreasi Gayo sesudah menggunakan model pembelajaran tekstual dan kontekstual lebih efektif dibandingan pembelajaran kreativitas tari kreasi Gayo sebelum menggunakan model pembelajaran tekstual dan kontekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 TARI 018 |
Keywords: | tekstual dan kontekstual, kreativitas, tari kreasi Gayo |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 09:27 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32074 |