HARSONO, ANNISA MARDHATILLAH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 5 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142003 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 7143142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM. 7143142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM. 7143142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 7143142003 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 7143142003 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143142003 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7143142003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7143142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. NIM. 7143142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 7143142003 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction berbasis Media Audio Visual.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instrudtion berbasis Media Audio Visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil observasi motivasi belajar pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki motivasi yang sangat termotivasi, 7 siswa masuk dalam kategori termotivasi dengan persentase 33,3%, 14 siswa masuk dalam kategori cukup termotivasi dengan persentase 66,6%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang termotivasi. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 9 siswa dengan persentase 42,5% masuk dalam kategori sangat termotivasi,10 siswa masuk dalam kategori termotivasi dengan persentase 47,6%, 2 siswa masuk dalam kategori cukup termotivasi dengan persentase 9,52%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang termotivasi. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 9 siswa (42,85%) yang tuntas menjadi 19 siswa (90,47%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction berbasis Media Audio Visual dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada materi Jurnal Umum dan Buku Besar Perusahaan Jasa di Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Muhammadiyah 5 Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 142 |
Keywords: | Motivasi;Hasil Belajar;Model Pembelajaran Problem Based Instruction;Media Audio Visual |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 12:01 |
Last Modified: | 06 Jun 2021 19:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32054 |