HARAHAP, NOVA ANGREINI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMBINATORIK SISWA DI SMP NEGERI 36 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143311025 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 4143311025 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 4143311025 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 4143311025 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 4143311025 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM 4143311025 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 4143311025 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4143311025 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4143311025 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4143311025 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 4143311025 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan kombinatorik siswa (2) Mengetahui respon siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D
yang telah dimodifikasi (define, design, dan develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 pada ujicoba I dan siswa IX-2 pada ujicoba II SMP Negeri 36
Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan Bahan Ajar untuk mengukut kevalidan, tes kemampuan kombinatorik, angket respon siswa dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan : (a) ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi sebesar 87,5%, (b) ketercapaian tujuan pembelajaran telah
tercapai untuk setiap indikator pada ujicoba II, (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,2 dan (d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu pencapaian waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan II. (2) kemampuan kombinatorik siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada ujicoba I 31,25% meningkat menjadi 87,5% pada ujicoba II. (3) respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah positif. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kombinatorik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 219 |
Keywords: | Bahan Ajar, Pendekatan Matematika Realistik, Kombinatorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 12:00 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32053 |