Kristiani, Maria (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.2143311032 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM.2143311032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
3. NIM.2143311032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM.2143311032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM.2143311032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM.2143311032 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM.2143311032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM.2143311032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
12. NIM.2143311032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM.2143311032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep (mind mapping) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 14 Medan tahun ajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatifyang dilaksanakan pada satu
siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 14 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah
pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep (mind mapping). Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui penggunaan model pembelajaran peta konsep (mind mapping)guru telah mengidentifikasi ide pokok, menempatkan ide-ide sekunder di tengah atau di puncak peta konsep serta guru mengelompokkan ide-ide sekunder di sekeliling ide utama yang secara visual menunjukkan hubungan ide-ide tersebut dengan ide utama dalam menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran dengan baik. Seperti pada pesetase kemampuan guru menjelaskan materi dinilai dengan hasil 52,5 dan dengan predikat “baik”. Dan pada persentase penilaian siswa dengan menggunkan angket 77%, 87%, 97%, dan 100%. Simpulan penelitian dalah penerapan model pembelajaran peta konsep (mind mapping)dapat membuat guru lebih mudah mengajar serta membantu siswa agar lebih paham dalam menulis teks deskripsi serta mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi siswa pada kelas VII A SMP Negeri 14 Medan tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 176 |
Keywords: | MODEL, TEKS, PETA KONSEP (MIND MAPPING), MENULIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:53 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32046 |