ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Kristiani, Maria (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.2143311032 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM.2143311032 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.2143311032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.2143311032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.2143311032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.2143311032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.2143311032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.2143311032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.2143311032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.2143311032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.2143311032 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.2143311032 TABLES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.2143311032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM.2143311032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.2143311032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM.2143311032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM.2143311032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM.2143311032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.2143311032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM.2143311032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep (mind mapping) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 14 Medan tahun ajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatifyang dilaksanakan pada satu
siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 14 Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah
pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran peta konsep (mind mapping). Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui penggunaan model pembelajaran peta konsep (mind mapping)guru telah mengidentifikasi ide pokok, menempatkan ide-ide sekunder di tengah atau di puncak peta konsep serta guru mengelompokkan ide-ide sekunder di sekeliling ide utama yang secara visual menunjukkan hubungan ide-ide tersebut dengan ide utama dalam menulis teks deskripsi menggunakan model pembelajaran dengan baik. Seperti pada pesetase kemampuan guru menjelaskan materi dinilai dengan hasil 52,5 dan dengan predikat “baik”. Dan pada persentase penilaian siswa dengan menggunkan angket 77%, 87%, 97%, dan 100%. Simpulan penelitian dalah penerapan model pembelajaran peta konsep (mind mapping)dapat membuat guru lebih mudah mengajar serta membantu siswa agar lebih paham dalam menulis teks deskripsi serta mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi siswa pada kelas VII A SMP Negeri 14 Medan tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 176
Keywords: MODEL, TEKS, PETA KONSEP (MIND MAPPING), MENULIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 20 Feb 2019 11:53
Last Modified: 01 Apr 2019 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32046

Actions (login required)

View Item
View Item