MUKHTI, DESY PRATIWI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI KELAS XI MIPA SMAN 1 AIR PUTIH KABUPATEN BATU BARA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143141012 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4143141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM 4143141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 4143141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM 4143141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 4143141012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 4143141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
8. NIM 4143141012 APENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4143141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM 4143141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4143141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Pembelajaran Eksperimen Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi di Kelas XI MIPA SMAN 1 Air Putih Kabupaten Batu Bara T.P 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest- Postest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol . Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan kognitif sebanyak 30 butir soal dan tes keterampilan proses sains (KPS) sebanyak 15 butir soal. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α=0,05, untuk kemampuan kognitif siswa thit>ttab (2,57>1,66) dan untuk keterampilan proses sains siswa thit>ttab (2,05>1,66). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang belajar melalui pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri terbimbing memperoleh nilai rata-rata kemampuan kognitif sebesar 76,30 dan rata-rata N-gain sebesar 0,53 serta rata-rata nilai KPS sebesar 74,63 dengan rata-rata N-gain 0,36. Sedangkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai kemampuan kognitif sebesar 65,28 dengan rata-rata N-gain 0,41 dan rata-rata nilai KPS sebesar 55,74 dengan rata-rata N- gain 0,25. Sehingga berdasarkan data penelitian tersebut , pembelajaran eksperimen berbasis inkuiri terbimbing dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 262 |
Keywords: | PEMBELAJARAN EKSPERIMEN, INKUIRI TERBIMBING. KEMAMPUAN KOGNITIF, KPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:52 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32045 |