HSB, SUHENI SAFITRI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TORTOR NAPOSO NAULI BULUNG MELALUI STRATEGI TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIBUHUAN KABUPATEN PADANG LAWAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143140038 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 2143140038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 2143140038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 2143140038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 2143140038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 2143140038 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 2143140038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 2143140038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
12. NIM. 2143140038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 2143140038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung dengan menggunakan strategi tekstual dan kontekstual di Madrasah Aliyah Negeri Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strategi pembelajaran oleh Rusman sebagai teori utama, untuk teori pendukung digunakan tekstual dari Nurwani dan kontekstual dari Nurhadi. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan strategi terkstual
dan kontekstual pada pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu tes kemampuan kognitif dalam bentuk essay test dengan mengguanakan ranah kognitif C1,C2,C3, dan C4. Tes kemampuan psikomotorik yang terdiri dari tiga aspek penilaian yaitu wiraga, wirasa, dan wirama dimana masing-masing aspek terdiri dari tiga komponen. Kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dilaukan strategi tekstual dan kontekstual adalah sama, dengan menggunakan pre test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 46,9 dan rata-rata pada
kelas kontrol sebesar 45,5. Setelah dilakukan post test, kemampuan siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakukan strategi tekstual dan kotekstual pada
pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dikelas eksperimen sebesar 39,9 dari 46,9 sehingga mencapai ketuntasan 86,8 % dan untuk kelas kontrol sebesar 9,8 dari 45,5 sehingga menjadi 55,3%. Kemampuan psikomotorik siswa juga mengalami peningktan disetiap pertemuan, dimana pertemuan I mencapai 61,90%, pertemuan II mencapai 75,20% dan pertemuan III mencapai 86,92%. Hasil menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dengan menggunakan strategi tekstual dan kontekstual terhadap
peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Tortor Naposo Nauli Bulung di Madrasah Aliyah Negeri Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 TARI 025 |
Keywords: | Tortor naposo nauli bulung, tekstual, kontekstual, kognitif, psikomotorik, konvensional |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:33 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32026 |