SANI, MONICA DWI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTAMSI SISWA KELAS XII SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142020 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 7141142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. NIM. 7141142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 7141142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 7141142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 7141142020 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7141142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7141142020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7141142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM. 7141142020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7141142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing di kelas XII Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia di jalan Veteran Pasar IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi yang berjumlah 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan, pada siklus I terdapat 33,3% menjadi 76,7% pada siklus II yang termasuk dalam kriteria kemampuan berpikir kritis adalah Kritis. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa (10%), sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (60%) dengan rata-rata nilai 71,3. Meningkat pada siklus II sebanyak 28 siswa (93,3%) dengan rata-rata nilai 83,7 atau mengalami peningkatan sebesar 33,3%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII Akuntansi SMK PAB 2 Helvetia T.P 2018/2019 pada materi aset tetap berupa sumber daya alam dan aktiva tidak berwujud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 004 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Akuntansi, Problem Posing tipe Pre-Solution Posing |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 15:06 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32020 |