Jesaya (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 SEI BINGAI LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1-081188910024 Pengantar.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2-081188910024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
3-081188910024 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4-081188910024 Bab I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5-081188910024 Bab V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6-081188910024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengaruh pembelajaran denganPeta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Materi Pokok Bakteridi SMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat; (2) Pengaruh model pembelajarankooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Materi PokokBakteri di SMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat, (3) Pengaruh model pembelajarankooperatif Jigsaw yang dikombinasikan dengan Peta Konsep terhadap hasilbelajar siswa pada pembelajaran Materi Pokok Bakteri di SMA Negeri 1 SeiBingai Langkat, Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengansampel sebanyak 4 kelas yang ditentukan secara random sampling (sampel acak)yaitu kelas perincian kelas Xi dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatifJigsaw dengan Peta Konsep, kelas X2 diajarkan dengan model pembelajarankooperatif Jigsaw saja, dan kelas X3 dibelajarkan dengan Peta Konsep saja,sedangkan kelas X.4 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan modelKovensional.Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar. Tes hasil belajarberjumlah 25 soal dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas,reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran.Tehnik analisis yang digunakantehnik Analisis varians (Anava) dengan bantuan program SPSS SPSS 17.0 (SPSSInc.), Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) Tidak terdapat pengaruhteknik pembelajaran teknik peta konsep terhadap hasil belajar siswa padapembelajaran Materi Pokok Bakteri di SMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat; (2)Terdapat pengarub model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajarsiswa (F 13,74 dengan sigifikan 0.00) pada pembelajaran Materi Pokok Bakteri diSMA Negeri 1 Sei Bingai Langkat; (3) Terdapat pengaruh model pembelajarankooperatif Jigsaw yang dikombinasikan dengan menggunakan teknik Peta Konsepterhadap hasil belajar siswa (F = 13,74 dengan signifikansi 0,000) padapembelajaran Materi Pokok Bakteri di SMA Negeri I Sei Bingai Langkat
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Jes p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Peta Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3202 |