SITUNGKIR, YOHANA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ETNOMATEMATIKA PADA PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111055 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4141111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3. NIM. 4141111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 4141111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 4141111055 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 4141111055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. NIM. 4141111055 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 4141111055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 4141111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (953kB) | Preview
13. NIM. 4141111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM. 4141111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematika pada Pendidikan Matematika Realistik yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peseta didik kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A 2018/2019 dengan 12 orang peserta didik kelas VII-7 untuk uji coba kelompok kecil dan 31 orang peserta didik kelas VII-6 untuk uji coba lapangan. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematika pada PMR ditujukan untuk materi bilangan bulat. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hasil validasi LKPD Etnomatematika berdasarkan penilaian para ahli menunjukkan kriteria valid dengan skor rata-rata 4,04417 dari skor rata-rata maksimal 5. Kedua, LKPD Etnomatematika pada PMR dinyatakan efektif berdasarkan uji coba lapangan telah memenuhi kategori efektif ditinjau dari (1) Ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu 30 peserta didik dari 31 peserta didik (96,77%) dari jumlah peserta didik. Dengan demikian secara klasikal memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan. (2) ketercapaian indikator 1,2,3,4, dan 5 pada uji coba tercapai. Peningkatan kemampuan matematis juga dinyatakan dalam bentuk persentase gain sebesar 69% dengan kategori sedang. (3) Waktu pembelajaran yang tidak melebihi waktu yang dirancang dalam RPP. Ketiga, LKPD Etnomatematika pada PMR dinyatakan praktis apabila kategori penilaian respon siswa pada rentang serendahnya 2,01 sampai 3,00 atau dinilai baik. Pada uji coba kelompok kecil indikator kepraktisan pada respon peserta didik yaitu positif dengan sebanyak 7 orang peserta didik (58,33 %) yang merespon LKPD Etnomatematika dengan kategori sangat baik dan sebanyak 5 orang peserta didik (41,67 %) merespon dengan kategori baik. Sedangkan uji coba lapangan sebanyak 22 orang peserta didik (70,96 %) yang merespon LKPD Etnomatematika dengan kategori sangat baik dan sebanyak 9 orang peserta didik (29,04 %) merespon dengan kategori baik. Hal ini berarti bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematika pada Pendidikan Matematika Realistik bersifat valid, efektif, dan praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 010 |
Keywords: | LKPD, Etnomatematika, Pengembangan model ADDIE, PMR, Bilangan Bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 14:57 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32012 |