SARI, FEBI UMA (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX DI MTS MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142111009 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 4142111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
3. NIM 4142111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
4. NIM 4142111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM 4142111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM 4142111009 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. NIM 4142111009 LIST OF GRAPHICS.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 4142111009 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM 4142111009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
10. NIM 4142111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
14. NIM 4142111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
15. NIM 4142111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint pada materi bangun ruang di kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint pada materi bangun ruang di kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek adalah siswa kelas IX yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan melalui penerapan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint pada siklus I dari 27 siswa terdapat 1 siswa atau 3,7% yang memiliki kemampuan sangat tinggi, 5 siswa atau 18,5% memiliki kemampuan tinggi, 12 siswa atau 44,4% memiliki kemampuan sedang, 6 siswa atau 22,2% memiliki kemampuan rendah dan 3 siswa atau 11,1% memiliki kemampuan sangat rendah. Pada siklus II dari 27 siswa terdapat 9 siswa atau 33,3% memiliki kemampuan sangat tinggi, 6 siswa atau 22,2% memiliki kemampuan tinggi, 9 siswa atau 33,3% memiliki kemampuan sedang, 3 siswa atau 11,1% memiliki kemampuan rendah dan 0 siswa atau 0% memiliki kemampuan sangat rendah. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat siswa yang memiliki tingkat ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan diperoleh rata-rata kegiatan pembelajaran pada siklus I 2,7 dengan kategori baik dan pada siklus II 3,37 dengan kategori sangat baik, dan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 2,4 dengan kategori baik dan pada siklus II 3,5 dengan kategori sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 008 |
Keywords: | Matematika Realistik; Problem Based Learning; Power Point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 14:30 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31997 |