PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX DI MTS MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

SARI, FEBI UMA (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX DI MTS MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4142111009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4142111009 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4142111009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4142111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4142111009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4142111009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4142111009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4142111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4142111009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4142111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4142111009 LIST OF ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4142111009 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4142111009 LIST OF GRAPHICS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4142111009 LIST OF GRAPHICS.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4142111009 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4142111009 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4142111009 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4142111009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4142111009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4142111009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4142111009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4142111009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4142111009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4142111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint pada materi bangun ruang di kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penerapan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint pada materi bangun ruang di kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek adalah siswa kelas IX yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan melalui penerapan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint pada siklus I dari 27 siswa terdapat 1 siswa atau 3,7% yang memiliki kemampuan sangat tinggi, 5 siswa atau 18,5% memiliki kemampuan tinggi, 12 siswa atau 44,4% memiliki kemampuan sedang, 6 siswa atau 22,2% memiliki kemampuan rendah dan 3 siswa atau 11,1% memiliki kemampuan sangat rendah. Pada siklus II dari 27 siswa terdapat 9 siswa atau 33,3% memiliki kemampuan sangat tinggi, 6 siswa atau 22,2% memiliki kemampuan tinggi, 9 siswa atau 33,3% memiliki kemampuan sedang, 3 siswa atau 11,1% memiliki kemampuan rendah dan 0 siswa atau 0% memiliki kemampuan sangat rendah. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat siswa yang memiliki tingkat ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan diperoleh rata-rata kegiatan pembelajaran pada siklus I 2,7 dengan kategori baik dan pada siklus II 3,37 dengan kategori sangat baik, dan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 2,4 dengan kategori baik dan pada siklus II 3,5 dengan kategori sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dengan model Problem Based Learning berbantuan PowerPoint dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa khususnya pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IX MTs Muhammadiyah 01 Medan dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 008
Keywords: Matematika Realistik; Problem Based Learning; Power Point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 14:30
Last Modified: 27 Feb 2019 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31997

Actions (login required)

View Item
View Item