ASTUTI, SURI ENDAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143321041 COVER.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
2. NIM 4143321041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM 4143321041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM 4143321041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM 4143321041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM 4143321041 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM 4143321041 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 4143321041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 4143321041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM 4143321041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4143321041 BABLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda pengetahuan konseptual. Analisis data menggunakan uji t dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,0 dengan standar deviasi 10,42, dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,9 dengan standar deviasi 9,08, Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen Lhitung = 0,1190 dan Ltabel = 0,1476, untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1189, dan Ltabel = 0,1476 sehingga Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung = 1,313 dan Ftabel = 1,76 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,3 dengan standar deviasi 10,9 dan kelas kontrol 59,1 dengan standar deviasi 9,72. Hasil uji t diperoleh thitung = 8,15 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pengetahuan konseptual siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester I SMA Negeri 15 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 003 |
Keywords: | Group Investigation; Pengetahuan Konseptual; Fluida Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 14:25 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31994 |