Ritonga, Elwi Nurita (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 KEC. NA IX-X KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1-081188930025 Pengantar.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2-081188930025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3-081188930025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4-081188930025 Bab I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5-081188930025 Bab V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6-081188930025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sikap ilmiah dan hasilbelajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaranberbasis masalah yang berasal dari guru lebih baik daripada strategi pembelajaranberbasis masalah yang berasal dari siswa, dan pembelajaran konvensional dalammempelajari materi memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan di tingkatSMP; (2) Pengaruh sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan menggunakanstrategi pembelajaran berbasis masalah yang berasal dari guru lebih baik daripadastrategi pembelajaran berbasis masalah yang berasal dari siswa, dan pembelajarankonvensional dalam mempelajari materi memahami sistem dalam kehidupantumbuhan di tingkat SMP; (3) Pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkandengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah yang berasal dariguru lebih baik daripada strategi pembelajaran berbasis masalah yang berasal darisiswa dan pembelajaran konvensional pada materi memahami sistem dalamkehidupan tumbuhan di tingkat SMP.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Na Kabupaten LabuhanbatuUtara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Na IX X sebanyak 237 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster randomsamplig dan selanjutnya melalui pengundian maka kelas VIII-2 terpilih sebagaikelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah yang berasal dariguru, kelas VIII-4 terpilih sebagai kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaranberbasis masalah yang berasal dari siswa dan kelas VIII-5 terpilih sebagai kelasyang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Data sikap ilmiahdikumpulkan menggunakan angket dan data hasil belajar Biologi dengan tes.Instrumen digunakan setelah divalidasi oleh validator dan uji coba instrumen.Hasil uji persyaratan menunjukkan sebaran data hasil belajar Biologi dansikap ilmiah adalah berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diujidengan menggunakan uji MANOVA dilanjutkan dengan uji post hoc. Hasil inimenunjukkan: (1) Strategi pembelajaran memberi pengaruh yang berbeda secarasignifikan terhadap sikap ilmiah siswa kelas VIII SMP Na ucx KabupatenLabuhanbatu Utara. Dimana sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan denganpembelajaran berbasis masalah dari guru lebih baik ( X = 45,18) dari sikap ilmiahsiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis rnasalah dari siswa danlebih baik (X = 43,73) dari pembelajaran konvensional (X = 36,28); (2) Strategipembelajaran memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasilbelajar biologi siswa kelas VIII SNIP Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara.Dimana hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaranberbasis masalah dari guru lebih baik ( X = 76,58) dari hasil belajar siswa yangdibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dari siswa ( X = 72,92) danlebih balk dari pembelajaran konvensional ( X = 70,33).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 Nur p |
Keywords: | Ilmu Pengetahuan Alam; Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3196 |