SIPAYUNG, MULIA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL PRAKTEK TATA HIDANG MATERI POKOK MELIPAT SERBET DI KELAS XI SMK 3 YAPIM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 523142027 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 5123142027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
3. NIM 5123142027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM 5123142027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM 5123142027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 5123142027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM. 5123142027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5123142027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 5123142027 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
13. NIM 5123142027 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM 5123142027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil praktek siswa yang diajarkan menggunakan video tutorial pada mata pelajaran tata hidang materi pokok melipat serbet. (2) hasil praktek siswa yang diajarkan menggunakan media gambar terhadap hasil praktek Tata Hidang materi pokok Melipat Serbet . (3) bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran Video Tutorial terhadap hasil praktek Tata Hidang materi pokok Melipat Serbet. Desain penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK 3 Yapim Medan. Waktu penelitian ini dilakukan pada tanggal 30 nopember 2017. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas XI-AP1 berjumlah 31 orang untuk kelas experimen dan kelas XI-AP2 sebanyak 31 orang untuk kelas kontrol. Data hasil praktek menggunakan media video tutorial dan media gambar kedua dikumpulkan menggunakan rubrik penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kecenderungan variabel penggunaan video tutorial termasuk cenderung cukup sebesar 9,67 persen,dengan cenderung tinggi 9,67 persen dan penggunaan media gambar terdapat kategori rendah sebesar 93,54%, dan kategoori kurang sebesar 6,46%. Hasil analisis normalitas dengan db = 5 pada variabel media video tutorial Xhitung < Xtabel (6,66 < 11,07), dan hasil variabel media gambar Yhitung < Ytabel (1,15 < 11,07) pada taraf signifikansi 5 persen adalah berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh bahwa nilai Fhitung = 1,17 dan Ftabel = 1,84 maka dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel (1,17 < 1,84) yang berarti data hasil praktek yang menggunakan media video tutorial dan hasil praktek yang menggunakan media gambar adalah Homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 18,05 > 2,00 artinya hipotesis alternative (Ha). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video tutorial dengan media gambar terhadap hasil praktek melipat serbet.Artinya penggunaan media video tutorial dalam pembelajaran tata hidang khususnya materi pokok melipat serbet akan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BOGA 018 |
Keywords: | Media Video Tutorial; Hasil Praktek Tata Hidang; Melipat Serbet; Smk 3 Yapim Medan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:36 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31956 |