LUMBANRAJA, INDAH NATALIA (2018) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331073 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 4133331073 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM 4133331073 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4133331073 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM 4133331073 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 4133331073 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 4133331073 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM 4133331073 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4133331073 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM 4133331073 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM 4133331073 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional.Populasi dalam penelitian
siswa kelas XI SMA Swasta Parulian Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian adalah 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan M3PK dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas control yang diajar menggunakan model pemebelajaran konvensional. Masing-masing kelas berjumlah 26 orang.Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata dan Standar Deviasi (SD).Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen adalah 26,428 dengan Standart Deviasi 4,422 dan nilai rata-rata post-test sebesar 66,964 dengan
Standar Deviasi 11,205. Nilai rata-rata pre-test siswa kelas control adalah 29,464 dengan Standart Deviasi 4,930 dan nilai rata-rata post-test sebesar 63,39 dengan
Standart Deviasi 10,607. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data post-tes diperoleh thitung 3,906 sedangkan ttab 1,673 sehingga thitung> ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan M3PK Simson Tarigan lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 031 |
Keywords: | M3PK; Hasil Belajar; dan Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:33 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31951 |