NOVIANTI, LISA ELFIRA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUALA T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111025 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4141111025 APROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. NIM 4141111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 4141111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
5. NIM 4141111025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 4141111025 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 4141111025 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM 4141111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 4141111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
13. NIM 4141111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 4141111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran discovey learning di kelas VII SMP Negeri 2 Kuala. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kuala T.A. 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model discovery learning. Instrumen penelitian ini adalah obsevasi dan tes dalam bentuk uraian.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata kemampuan siswa dalam menjelaskan matematis sebesar 70,31, rata-rata kemampuan siswa dalam membuat gambar, grafik dan tabel sebesar 85,16, rata-rata kemampuan siswa dalam membaca gambar, grafik dan tabel sebesar 72,65 , rata-rata kemampuan siswa dalam ekpresi matematis sebesar 75,78, dan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 68,75% . Hasil penelitian pada siklus II diperoleh rata-rata kemampuan siswa dalam menjelaskan matematis sebesar 93,75, rata-rata kemampuan siswa dalam membuat gambar, grafik dan tabel sebesar 88,28, rata-rata kemampuan siswa dalam membaca gambar, grafik dan tabel sebesar 90,63, rata-rata kemampuan siswa dalam ekpresi matematis sebesar 84,38 , dan ketuntasan klasikal pada siklu II mencapai 93,75%. Dari hasil observasi siklus I dan siklus II diperoleh bahwa pembelajaran dalam kategori baik. Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian maka pembelajaran ini dikatakan berhasil.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Kuala T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 063 |
Keywords: | Model pembelajaran DEiscovery Learning; kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:21 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31932 |