MALAU, HALOMOAN VANLICO (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL TRAINING WITHIN INDUSTRY TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133111017 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 5133111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
3. NIM. 5133111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 5133111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 5133111017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 5133111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5133111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 5133111017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5133111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM. 5133111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5133111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Training Within Industry lebih tinggi dari pada hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X KB 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X KB 2 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, kelas esksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Training Within Industry dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional. Setelah data dianalisis, didapat nilai rata-rata kelas konvensional yaitu 79,72 dan untuk kelas Eksperimen didapat nilai rata-rata 87,14. Hasil uji Normalitas hasil belajar untuk kelas eksperimen L(hitung) < L(tabel) = 0.124 < 0.149 dan hasil belajar untuk kelas kontrol L(hitung) < L(tabel) = 0.143 < 0.149. Dari hasil data analisis uji Normalitas L(hitung) < L(tabel), artinya data yag telah dikumpulkan berdistribusi normal atau data yang diperoleh mewakili populasi, Hasil uji Homogenitas F hitung < F tabel = 1,829 < 1,90 (data homogen) berarti bahwa kelompok data yang di jadikan sampel pada penelitian ini memiliki karakteristik yang sama atau memilki varian (keragaman) yang tidak jauh berbeda. Hasil uji-t sampel independen rata-rata post-test pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 4,660 > 1,669) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Training Within Industry lebih tinggi dari pada hasil belajar Ilmu ukur Tanah yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas X KB di SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 031 |
Keywords: | Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah; Training Within Industry; Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 11:20 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31931 |