Siswoto (2010) PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH PENGAWAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 060954 KECAMATAN MEDAN-MARELAN. Masters thesis, UNIMED.
1-071188130021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
2-071188130021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3-071188130021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4-071188130021 Bab I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5-071188130021 Bab V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6-071188130021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan supervisi pendidikan oleh pengawas dalam proses pembelajaran ; 2) Bagaimana kegiatan pengawas sekolah memberikan bimbingan terhadap perencanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Supervisi Pendidikan oleh Pengawas dalam proses pembelajaran dan dalam memberikan bimbingan perencanaan pembelajaran kepada guru-guru.Penelitian itu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik instrumen utama atau instrumen kunci melalui observasi wawancara (interview) dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru, sedangkan objeknya adalah proses pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.Pada penelitian ini data yang telah dikumpul kemudian dianalisis dan selanjutnya direduksi yaitu diidentifikasi dan diklasifikasi lalu diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi, selanjutnya masing-masing temuan dan hasil analisis dikaitkan satu sama lain untuk membangun suatu rangkaian yang disesuaikan pada tujuan dalam proses pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan beberapa hal; Pertama, upaya yang dilakukan oleh pengawas pada pelaksanaan supervisi pendidikan dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan langsung dengan teknik perseorangan dan kelompok dan menggunakan model konvensional. Kedua pengawas dalam memberikan bimbingan kepada guru masih ditemukan adanya jarak untuk menjaga kewibawaan. Berdasar data yang ditemukan penulis menyarankan : Dalam memberikan arahan dan bimbingan dalam proses pembelajaran hendaknya pengawas tidak kaku tetapi fleksibel, begitu juga tidak ada jarak tetapi adanya kedekatan kepada guru, selain itu menciptakan rasa aman, nyaman, tidak terkesan menakut-nakuti tetapi tercipta rasa senang dan terbuka mengutarakan kelemahan dan kekurangannya.Tingkat kemampuan guru dalam merancang (mendesain) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melaksanakan proses pembelajaran perlu mendapat perhatian, pembinaan, bimbingan dan arahan dengan baik. Selain itu pengawas perlu meningkatkan tugas pokoknya dan kunjungan ke sekolah diperbanyak, serta memperhatikan guru-guru, menciptakan suasana harmonis, komunikasi dua arah dan kekeluargaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sis p |
Keywords: | Learning; Supervisor; Pengawas sekolah; Kompetensi; Model pembelajaran; Supervisi pendidikan; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3191 |