Siregar, Henni Mahera (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM TEACHING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1-071188210005 Pengantar.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2-071188210005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3-071188210005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4-071188210005 Bab I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5-071188210005 Bab V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6-071188210005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar geografisiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasisquantum teaching dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakanstrategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar geografi siswa yang memilikigaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik, (3) interaksiantara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi basilbelajar geografi.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Madat Kabupaten AcehTimur semester I tahun pembelajaran 2010-2011. Populasi penelitian adalahsiswa kelas X SMA Negeri 1 Madat yang berjumlah 119 siswa. Sampel penelitianterdiri dari dari 2 kelas yang berjumlah 83 siswa yaitu kelas X2 dan X3.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yangterdiri 42 siswa kelas X2 untuk strategi pembelajaranekspositori dan 41 siswakelas X3 untuk strategi pembelajaran berbasis quantum teaching. Instrumentpenelitian berbentuk tes yang terdiri dari tes basil belajar geografi dan tes gayabelajar Tes gaya belajar menggunakan tes pangkalan ide dan deporter yangdiberikan pada siswa untuk mengklasifikasi gaya belajar siswa yaitu gaya belajarvisual, audotori dan kinestetik. Metode penelitian menggunakan metode quasieksperimem dengan desain faktorial 2 x 3. Teknik analisis data menggunakananalisis varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikan 5% (a =0,05) .Sebelum analisis varians (ANAVA) dua jalur digunakan, terlebih dahuludilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data denganmenggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F danUji Bartlett dan dilanjutkan dengan uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar geografi yang dibelajarkandengan strategi pembelajaran berbasis quantum teaching lebih tinggi dari hashbelajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori denganF Hitung 17,44 > F Tabei = 3,97 pada taraf signifikan a =0,05; (2) tidak terdapatperbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang memiliki gaya belajar visual,gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik dengan F = 1,41 <F robe = 3,97 pada taraf signifikan a= 0,05 ; (3) terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan gaya belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar geografidengan F miung = 4,34 > F Tabei = 3,97 pada taraf signifikan a = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Sir p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran;Senior High Schools;Gaya;Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 13 Apr 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3189 |