PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS VII SMP NEGERI 1 GALANG T.A 2018/2019

HARAHAP, SANIYA SASWITA (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS VII SMP NEGERI 1 GALANG T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4143311039 Cover.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4143311039 Cover.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4143311039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4143311039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4143311039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4143311039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4143311039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4143311039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4143311039 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4143311039 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4143311039 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4143311039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4143311039 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4143311039 TABLES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4143311039 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4143311039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4143311039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4143311039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4143311039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4143311039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4143311039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4143311039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII. Jenis penelitian ini adalaha eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Galang, semester ganjil yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan 288 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dua kelas secara acak dimana kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen I diberikan pembelajaran Think Talk Write dan VII-8 sebagai kelas eksperimen II diberikan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan masing – masing jumlah sampel 32 siswa tiap kelas. penelitian ini menggunakan jenis instrumen yaitu posttest yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Hasil penelitian yang diberikan perlakuan berbeda, menunjukkan bahwa rata – rata nilai kemampuan komunikasi matematis (posttest) siswa kelas eksperimen I sebesar 76.46 dan nilai rata – rata kelas eksperimen II sebesar 69.92. Dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pihak kanan diperoleh nilai thitung = 2,151 dan ttabel = 1,670 sehingga thitung > ttabel. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model Think Talk Write (TTW) lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan model Reciprocal Teaching di SMP Negeri 1 Galang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 064
Keywords: KOMUNIKASI MATEMATIS, THINK TALK WRITE (TTW), RECIPROCAL TEACHING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 10:29
Last Modified: 22 Apr 2019 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31882

Actions (login required)

View Item
View Item