USMAN, SOFIANI (2018) UPAYA MERUBAH PERSEPSISISWA TERHADAP PELAKSANAAN BK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 TANJUNG TIRAM T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151043_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1133151043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 1133151043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 1133151043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
5. NIM. 1133151043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1133151043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133151043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133151043_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1133151043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1133151043_BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
14. NIM. 1133151043_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1133151043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama merubah persepsi siswa terharap pelaksanaan BK di kelas XI IPS I SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTBK) dengan menggunakan teknik sosiodrama dan merumuskan masalah pada persepsi siswa terhadap pelaksanaan BK di SMA N 1 Tanjung Tiram. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Tanjung Tiram Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 2 siklus dan setiap siklusnya memiliki 4 tahapan, yaitu; 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan (Tindakan); 3) Pengamatan (Observasi); 4) Refleksi. Akhir setiap siklus dilakukan evaluasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus siswa
berada pada kategori tinggi sebanyak 1 orang (12.5%), kategori sedang sebanyak 1 orang (12.5%), kategori rendah sebanyak 6 orang (75%). Pada siklus I terjadi peningkatan siswa pada kategori tinggi sebanyak 5 orang (62.5%) pada kategori rendah sebanyak 3 orang (37.5%). Pada siklus II terjadi peningkatan 2 orang pada kategori sedang (25%) pada kategori tinggi (75%). Berdasarkan hasil penelitian
ini maka dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat merubah persepsi siswa terhadap pelaksanaan BK siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Tanjung Tiram Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 028 |
Keywords: | Persepsi Siswa, Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31871 |