Pasaribu, Muflihatun Khairuna (2011) PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SD DALAM MEMODELKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1500081188830009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
1500081188830009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
1500081188830009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
1500081188830009 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188830009 Bab V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
1500081188830009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penerapan pendekatan metakognitif PQ4R dan mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas V SD dalam memodelkan soal cerita matematika pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan pendekatan metakognitif PQ4R. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 060818 J1. M. Nawi Harahap Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 47 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 28 orang perempuan. Objek penelitian adalah objek yang mencerminkan proses yaitu tindakan pendekatan metakognitif PQ4R beserta perangkat-perangkatnya antara lain RPP, bahan ajar, LAS, lembar observasi, dan inventori strategi-strategi metakognitif dan objek yang mencerminkan produk yaitu kemampuan siswa kelas VA dalam memodelkan soal cerita matematika pada pokok bahasan pecahan dan kemampuan metakognisi siswa. Data-data penelitian diperoleh dan skenario pembelajaran, lembar observasi penelitian, tes kemampuan memodelkan soal cerita matematika, dan inventori stategi-strategi metakognitif Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 7 pertemuan dan siklus II terdiri dan 3 pertemuan. Adapun hasil penelitian yaitu penerapan pendekatan metakognitif PQ4R dapat digunakan untuk mengungkapkan kemampuan siswa kelas V SD dalam memodelkan soal cerita matematika pada pokok bahasan pecahan dan terdapat peningkatan kemampuan siswa kelas V SD dalam memodelkan soal cerita matematika pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan pendekatan metakognitif PQ4R yaitu basil evaluasi tes memodelkan soal cerita matematika di akhir siklus I yaitu nilai rata-rata = 51,36 dan ketuntasan klasikal = 51,06% dan hasit evaluasi tes memodelkan soal cerita matematika di akhir siklus II yaitu nilai rata-rata = 77,23 dan ketuntasan kiasikal = 87,23%. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif dapat dijadikan salah satu altematif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memodelkan soal cerita matematika, sebagai bahan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan mutu dan inovasi pembelajaran, sebagai bahan masukan bagi guru dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran agar aktivitas siswa dalam pembelajaran juga meningkat, pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif mengutamakan siswa bekeija secara mandiri, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengadaptasi langkah-langlcah yang ada dalam penelitian ini dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 513.26 Pas p |
Keywords: | Siswa;Kelas;Matematika;Elementary Schools;Fraction;Metakognitif;Cerita;Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3187 |