PERANGIN-ANGIN, ROSMAYATI (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODIFIKASI ALAT PADA SMA S AL-WASLIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018\2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6141111078 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 6141111078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 6141111078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 6141111078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
5. NIM. 6141111078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM. 6141111078 TABLES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 6141111078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 6141111078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 6141111078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
13. NIM. 6141111078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 6141111078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping melalui pendekatan saintifik dan modifikasi alat pada siswa kelas X IPA-2 SMA SWASTA AL-WASLIYAH 1 MEDAN. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research ) dengan subjek penelitian sebanyak 35 orang.. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan saintifik dan modifikasi alat yang disesuaikan dengan materi pelajaran.
Dilihat dari data awal tolak peluru gaya menyamping hanya 12 orang siswa yang tuntas (34.28%) dan 23 orang siswa yang belum tuntas (65,71%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 20 orang (57,14%) dan siswa yang belum tuntas 15 orang (42,85%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 30 orang (85,71%) dan siswa yang belum tuntas 5 orang (14,28%). Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I sebanyak 8 orang dengan nilai rata-rata (22.85) dan peningkatan rata-rata hasil belajar dari test siklus I ke siklus II sebanyak 10 orang dengan nilai rata-rata 8,5 dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 85,71%.Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajartolak peluru pada siswa kelas X IPA-2 SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018-2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 058 |
Keywords: | SAINTIFIK DAN MODIFIKASI ALAT |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:12 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31858 |