SARI, FATMA WENA (2019) PENERAPAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143111019 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 4143111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. NIM. 4143111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM. 4143111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 4143111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4143111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4143111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 4143111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4143111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM. 4143111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4143111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 8 Medan pada materi Aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 31 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan Aljabar dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik di kelas VII-2 SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VII-2 terdapat 13 siswa (41,93%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 18 siswa (58,06%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 61,15. Pada siklus II terdapat 27 siswa (87,09%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 4 siswa (12,9%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 71,9. Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal mengalami peningkatan dengan presentase pada siklus I sebesar 58,06% dengan kategori rendah dan pada siklus II 87,09% dengan kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan diterapkannya Pendekatan Matematika Realistik pada proses pembelajaran di materi Aljabar di kelas VII-2 SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 072 |
Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:36 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31802 |