TAMBUNAN, AGNES LOLYTA (2019) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEUANGAN DI KELAS XII SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7143341002_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 7143341002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 7143341002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM. 7143341002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 7143341002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
6. NIM. 7143341002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 7143341002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7143341002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM. 7143341002_BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM. 7143341002_BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 7143341002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh keterampilan guru memberi penguatan terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 2) pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 3) pengaruh keterampilan guru memberi penguatan dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar administrasi keuangan siswa kelas XII ADM SMK Negeri 7 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK
Negeri 7 Medan dengan populasi sebanyak 201 siswa dan sampel sebanyak 67 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan guru memberi penguatan dan
efikasi diri berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar administrasi keuangan siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai administrasi keuangan siswa kelas XII ADM SMK Negeri 7 Medan T.A 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 22.0.
Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) keterampilan guru memberi penguatan Keterampilan guru memberi penguatan merupakan cara guru memberi respon positif atau
stimulus kepada siswa agar siswa dapat meningkatkan atau mempertahankan perilaku belajarnya. Pemberian penguatan penting diberikan sebagai motivasi bagi siswa , 2) efikasi diri merupakan penilaian diri terhadap keyakinan atau kemampuan dirinya bahwa dia mampu mengatur, mengerjakan atau melaksanakan suatu tugas dan mengatasi kesulitan untuk mencapai kesuksesan, 3) prestasi belajar pada mata pelajaran administrasi keuangan adalah hasil yang telah dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran administrasi keuangan berupa proses belajar, yang dapat diukur dengan tes dimana hasilnya
dalam bentuk angka atau simbol yang dapat dilihat dari DKN. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 39,168 + 0,524 X1 + 0,185 X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 4,773 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung = 2,068 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 30,287 dengan taraf
signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar administrasi keuangan, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan dan efikasi diri terhadap prestasi belajar administrasi keuangan siswa XII ADM SMK Negeri 7 Medan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 023 |
Keywords: | Keterampilan Guru Memberi Penguatan, Efikasi Diri, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 10:18 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31768 |