FITRA, MUHAMMAD DIAIDIL (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123342025 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 7123342025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7123342025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4. NIM 7123342025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM 7123342025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 7123342025 TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM 7123342025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 7123342025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 7123342025CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
13. NIM 7123342025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM 7123342025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving di kelas XII AK SMK Swasta Jambi Medan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Bantan, Medan Tembung, Kota Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AK yang berjumlah 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan, pada siklus I terdapat 43,33% menjadi 76,66% pada siklus II yang termasuk dalam kriteria kemampuan
berpikir kritis adalah Kritis. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (40%), sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (70%). Meningkat pada siklus II sebanyak 27 siswa (90%) mengalami peningkatan sebesar 20%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII AK SMK Swasta Jambi Medan T.P 2018/2019 Pada
materi pelajaran Aset Tetap Berupa Sumber Daya Alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 048 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 09:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31746 |