INDRIANI, DESY (2019) HUBUNGAN KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan kompetensi manajemen kepala sekolah dengan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kompetensi manajerial kepala sekolah (X₁) dengan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran (Y) di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa, “ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajemen kepala sekolah dengan kinerja guru SD Negeri se-Kecamatan Percut Sei Tuan”. Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket. Populasi penelitian ini semua SD Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan sebanyak 66 sekolah. Unit sampel sebanyak 9 sekolah berdasarkan teknik purposive sampling bertujuan sedangkan objek sampelnya sebanyak 59 orang guru. Penarikannya dilakukan secara tata letak wilayah sekolah yang berada dekat kota kecamatan, pertengahan kecamatan, dan pinggiran kecamatan. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh gambaran kompetensi manajemen kepala sekolah dalam kategori sedang sebesar 47% dan kinerja guru dalam kategori sedang sebesar 49%. Hasil analisis korelasi antara kompetensi manajemen kepala sekolah dengan kinerja guru diperoleh nilai korelasi rhitung = 0,594 dengan rtabel= 0,254 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,594 > 0,254 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka korelasi cukup signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Uji t dengan alfa 0.05 dengan DB 57 maka di peroleh nilai thitung = 5.616 dan nilai ttabel=1,672. Karena thitung > ttabel (5.616> 1,672) pada taraf signifikan nyata (α= 0,05), maka dapat disimpulkan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini ditemukan adanya hubungan signifikansi antara Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kec.Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 084 |
Keywords: | KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU, KORELASI |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 09:52 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31738 |