Lestari, Sri Ayu Bintang (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 2 TALAWI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172062 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 8166172062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8166172062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4. NIM 8166172062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM 8166172062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM 8166172062 TABLES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. NIM 8166172062 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
8. NIM 8166172062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166172062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM 8166172062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik dengan konteks budaya Melayu (PMR-DKBM); 2) Menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PMR-DKBM; 3) Menganalisis pencapaian self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui PMR-DKBM; 4) Mengetahui kesalahan jawaban yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis (TKKM). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui PMR-DKBM dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran melalui PMR-DKBM yang dikembangkan di kelas VII-1 dan VII-2 SMP Negeri 2 Talawi. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran melalui PMR-DKBM yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR-DKBM meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; 3) pencapaian self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR-DKBM meningkat, ditinjau dari hasil analisis angket self-efficacy siswa pada uji coba I sebesar 81,34% meningkat menjadi 86,59% pada uji coba II; 4) kesalahan siswa dalam menyelesaikan TKKM pada uji coba I adalah kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip sedangkan pada uji coba II adalah kesalahan operasi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru matematika mengupayakan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Les p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, PMR-DKBM, kemampuan komunikasi matematis, self-efficacy siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 10:04 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31724 |